Kafey's Cafe

cafe online–tersedia menu maya

Kalau Dibatasi Mereka Jadi Ga Kreatif

Leave a comment

Dalam beberapa hari ini sering sekali saya mendengar diskusi dengan kata kunci kreatif, walaupun sehari-hari selalu berhubungan dengan kreatifitas. Mulai dari tweet teman, yang mempertanyakan kenapa science tech tidak dimasukkan ke dalam kategori kreatif, diskusi tentang desain web di kantor, sampai ucapan teman bahwa kalau dibatasi kreatifitas seseorang akan menurun.

Sejarah telah mencatat, sebenarnya kreatifitas itu tidak berhubungan dengan latar belakang keilmuan, mau dia science, humaniora dan seni semuanya mengandung unsur kreatifitas untuk mencipta dan mengembangkan sesuatu. Contoh kasus penemuan mesin uap, pesawat terbang (yang sangat fisika dan matematis) membutuhkan kreatifitas dan imajinasi untuk bisa kemudian tercipta penemuan tersebut.

Contoh dikotomi lainnya munculnya kata kreatif IT, dan itu kemudian terimplementasi dalam divisi di organisasi perusahaan antara bidang kreatif dan bidang IT. Bukankah kedua-duanya membutuhkan kreatifitas, desain jelas harus kreatif, tapi pemograman juga butuh kreatifitas yang tinggi untuk menghasilkan suatu program yang efektif dan efisien.

Konsen tulisan saya yang terakhir adalah tentang pembatasan yang akan menghambat kreatifitas, saya agak kurang setuju, karena pada realitasnya dunia ini memang terbatas, dan dengan keterbatasan itu justru muncul sebuah ide-ide besar yang mengagumkan. Menurut saya itu kreatiftas sejati.

Ngomong-ngomong jadi ingat kalau untuk mendesain pesawat itu pake persamaan matematika. Sangat kreatif lho.

Author: kafey

mencoba untuk tetap lebih baik setiap hari, every day with the best performance

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s