Kafey's Cafe

cafe online–tersedia menu maya

Ncomputing, Solusi Hemat untuk Lab Komputer Sekolah

Leave a comment

Kalau kita masuk ke laboratorium komputer atau warnet maka yang akan kita temui selama ini adalah setiap penguna akan menggunakan satu monitor dengan satu CPU. Jadi kalau kita ingin membangun sebuah lab komputer sekolah atau warnet dengan jumlah komputer 20 unit, maka kita harus menyiapkan 20 CPU, 20 monitor dan aksesoris lainnya ditambah 1 server. Terbayang kan berapa investasinya dan biaya operasional yang akan dikeluarkan setiap bulannya.

Pernah membayangkan ga?, satu komputer (satu server kemudian diakses dan bisa digunakan bersama-sama oleh sejumlah monitor tanpa ada perangkat CPU di masing-masing pengguna. Sebuah penghematan yang cukup besar bukan? Hal ini dapat diimplementasikan dengan teknologi virtualisasi desktop. Teknologi ini mirip dengan thinclient dimana resource satu server dipake secara bersama-sama oleh komputer client, perbedaannya adalah di sisi client tidak harus ada CPU lag, cukup ada suatu hardware dengan pemakaian daya 5 watt, dan satu software virtualiasi di sisi server.

Dengan penggunaan teknologi ini akan sangat menghemat penggunaan listrik dan memudahkan dalam maintenance, karena yang perlu di maintain hanya si server saja. Dari review yang saya baca, dan ulasan di beberapa forum, PC server dengan spek core 2 duo dapat disharing antara 5 sampai 10 client.

Untuk hardware virtualiasasi desktop ini sudah banyak yang beredar di pasaran, baik yang produk amerika maupun yang buatan cina. Yang cukup terkenal dan realebel adalah Ncomputing

 

Author: kafey

mencoba untuk tetap lebih baik setiap hari, every day with the best performance

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s