Kafey's Cafe

cafe online–tersedia menu maya

Pemutakhiran Data Pilpres via Online

Leave a comment

Berita ini cukup menggembirakan bagi pemilih yang belum mempunyai hak pilihnya dalam pileg 9 April 2009 kemaren (seperti saya).  Kita tidak perlu susah-susah datang ke PPS untuk melaporkan  data kependudukan kita tapi cukup masuk ke situs http://mediacenter.kpu.go.id . Tapi ini hanya berlaku untuk pemilih yang alamat ktp-nya sama dengan tempat domisilinya.

Pertama kali masuk saya cukup surprise dengan desain dari situs tersebut, sangat berbeda jauh dengan situs http://kpu.go.id , tapi ketika saya ingin menemukan tempat untuk mendaftarkan data kependudukan, saya sedikit menemukan kesulitan untuk menemukan kanal yang menyediakan fasilitas pendaftaran online tersebut.

Di menu bar utama tidak ditemukan link yang memberikan gambaran tentang fasilitas tersebut, di blok paling atas dari frame konten tersedia informasi artikel utama , berita terbaru tentang pemilu dan banner link untuk pengaduan masalah pemilu. Blok bagian bawah juga hanya memuat beberapa kanal-kanal yang berisi informasi pemilu. Karena di awal saya hanya baca judul berita dari link TVone diatas, saya jadi penasaran bagaimana caranya untuk mendaftarkan data kependudukan.

Akhirnya saya menonton kembali arsip berita TVone tersebut dan dijelaskan bahwa untuk mendftarkan data kependudukan tersebut melalui link pengaduan masalah kampanye yang terletak di sebelah kanan atas pada blok konten.

Terus terang menurut saya komunikasi dari web ini masih kurang untuk hal yang seharusnya ditonjolkan dan mendapatkan perhatian lebih dari user. Penempatan banner link pengaduan masalah pemilu tersebut sudah benar, tinggal bahasa komunikasi yang dipakai harusnya menjelaskan lebih terperinci tentang pengaduan tersebut, karena pengaduan kampanye masih mengandung artian yang sangat luas.Yang lebih bermasalah lagi ternyata setelah di klik banner tersebut ternyata menampilkan form isian data  kependudukan bukan pengaduan permasalahan pemilu.

Kalau memang link pengaduan tersebut untuk pendaftaran data kependudukan untuk mendapatkan hak pilih seharusnya informasi di halaman depat tersebut langsung menjelaskan bahwa itu adalah fasilitas mendaftarkan data kependudukan untuk mendapatkan hak pilih. Jangan dibikin jadi bias.

Author: kafey

mencoba untuk tetap lebih baik setiap hari, every day with the best performance

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s