Kafey's Cafe

cafe online–tersedia menu maya

Online PR militer Amerika Serikat via Social Media

Leave a comment

Ini baru kejutan baru. Berita tentang militer Amerika menggunakan facebook dan twiiter untuk merekrut anggota baru adalah terobosan yang cukup revolusioner dari institusi yang bersifat komando top down. Dengan melakukan online PR ini menurut berita yang dimuat di detik tersebut diharapkan anak-anak muda menjadi lebih tahu kehidupan di dunia militer seperti apa. Komunikasi yang dijalankan pun adalah komunikasi yang sifatnya horizontal sehingga orang-orang akan lebih tertarik untuk mengetahui lebih banyak karena terjadi proses interaksi disana.

Yang lebih menarik lagi komandan militer AS di Irak aktif mengupdate status di facebook untuk memberikan informasi tentang apa yang dia lakukan disana. Ini cukup berani menurut saya karena sifat facebook yang sangat horizontal sekali dijadikan sebagai ajang PR untuk sebuah kondisi yang cukup kontroversial. Salah komunikasi justru akan merugikan kepentingan mereka sendiri.

Tapi ada suatu pertanyaan yang cukup menggelitik apakah kebijakan ini berlaku juga untuk bawahan mereka sehingga seorang bawahan dibebaskan untuk mempunyai akun social media sehingga dia bisa menceritakan tentang apa saja pengalaman selama menjadi militer akan memberikan sudut pandang yang cukup bagus bagi seseorang yang ingin bergabung.

Menurut saya kebijakan yang diambil ini cukup berani untuk institusi yang bersifat kaku disaat masih banyak perusahaan yang belum sadar ataupun belum berani untuk melakukan kegiatan PR di online. Memang kegiatan online PR seperti pisau bermata dua, kalau sebuah institusi bisa melakukannya dengan strategi yang tepat dan memahami behavior dari user di online maka sebuah image yang baik bisa didapat. Mungkin karena mengatahui bahwa di online militer AS sering dihujat karena kebijakan perangnya,  akhirnya mereka mencoba berkomunikasi secara horizontal kepada publik.

FYI, ternyata beberapa situs militer AS desainnya cukup bagus dari sisi komunikasi dan artistik, tidak memperlihatkan sebuah institusi yang kaku, bahkan di situs angkatan udara ada games onlinenya.

Kapankah untuk Indonesia, ga usah militernya dulu, mulailah dari insitusi pemerintahan.

Author: kafey

mencoba untuk tetap lebih baik setiap hari, every day with the best performance

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s