Kafey's Cafe

cafe online–tersedia menu maya

Hingar Biangar Kampanye Online Indonesia 2009

Leave a comment

Sudah lama tidak menulis (mengupdate) blog ini, malam ini mencoba kembali menuangkan loncatan-loncatan pemikiran setelah sebelumnya hanya dituangkan dalam bentuk status atau komentar di facebook.  Tulisan kali ini ingin ikut memeriahkan pesta demokrasi di Indonesia yang sedang memasuki zaman kampanye pemilu legislatif putaran kedua sebelum memasuki masa pemilihan minggu depan. Kemeriahan itu ikut saya rasakan karena pada kampanye tahun ini ternyata media online mulai dilirik, mulai dari ramenya banner di beberapa media online dengan iklan parpol, profil dan pages para caleg dan calon presiden di facebook, sampai plesetan-plesatan pemilu ala http://janganbikinmalu2009.com.

Mulai diliriknya media online ini apakah benar-benar atas kesadaran partai politik, caleg dan bakal calon presiden tentang potensi media ini atau cuma ikut-ikutan karena latah keberhasilan obama dalam mempergunakan media non tradisional ini (online) seperti yang ditulis di sini.  Dari beberapa cara kampanye online yang dilakukan untuk mengumpulkan perolehan suara 2009 tidak banyak yang benar-benar mengerti bagaimana cara menjual diri dan partainya di online, bahkan ada yang sudah dalam taraf menganggu orang lain yang mereka harapkan mau menjadi pendukung mereka. Salah satu contoh yang sangat menganggu adalah ketika anda mempunyai profil facebook, terus ada caleg yang mengajak berteman tapi ternyata itu untuk kepentingan kampanye.

Untuk pemilu kali ini dari pengamatan saya di online maka ada beberapa media yang cukup menjadi sasaran medium kampanye bagi para caleg. Yang pertama tentu saja adalah facebook, situs social networking yang cukup fenomenal ini menjadi medium yang paling digemari oleh para caleg untuk memperkenalkan dirinya.  Sebelum masa kampanye terbuka sekitar dua minggu yang lalu dimulai boleh dikatakan cuma beberapa orang saja yang mencoba memanfaatkan situs ini diantaranya (paling tidak yang ada di jaringan saya)  adalah Fadjoel Rahman (calon presiden independen yang gagal karena UU) dan  Ferry Mursidan Baldan (Partai Golkar) yang sangat aktif memanfaatkan facebook baik dalam mengupdate status ataupun membuat notes. Tapi semenjak kampanye terbuka dimasuki maka berseliweranlah foto-foto para caleg di ad facebook. Namun demikian karena sifatnya facebook yang sangat horizontal dan untuk kebutuhan narsis seseorang dengan teman-temannya profil para caleg ini tidak terlalu diperhatikan. Justru yang mulai gencar setelah itu adalah munculnya pages Prabowo Subianto dengan segala aplikasi tambahan di dalamnya dan pages Presiden sekarang Susilo Bambang Yudhoyono.

Ditilik dari cara mereka berkampanye di facebook saya dapat menyimpulkan bahwa kebanyakan dari mereka memang terbawa euforia keberhasilan Obama di facebook yang mencapai pendukung lebih dari satu juta orang dan mereka anggap mereka juga bisa seperti itu. Untuk catatan sekarang saja, jumlah pendukung SBY di pagenya baru mencapai angka 98 ribuan pendukung, dan itupun tidak termanfaatkan dengan baik, karena dari beberapa kali saya coba masuk ke dalam dan menulis wall itu tidak pernah ditanggapi, dan isinya pujian semua dari penggemar bapak ini. Benar di area diskusinya memang rame dan cukup aktif tapi kalau dilihat dari behavior orang-orang di facebook cuma segelintir orang yang mau berdiskusi hal-hal yang berat karena mereka memang ingin senang-senang seperti menulis wall kemudian berkomentar tentang status, tag foto dan main games2 yang ringan yang bisa dijadikan ajang narsis.  Untuk page yang lumayan aktif di upadate statusnya adalah page Prabowo Subianto dengan supporter lebih kurang 19 ribuan orang. Dari hasil observasi di page ini, Prabowo sepertinya lebih mengerti tentang kebiasaan orang di facebook, statusnya sering diupdate untuk menginformasikan segala kegiatan-kegiatan yang sedang dilakukannya. Selain itu yang mereka cukup gembar gemborkan dari sini bisa mengurus Kartu Anggota Partai Gerindra secara online (katanya sih yang pertama di dunia).

Kalau kita berbicara tentang efuria ikut-ikutan kesuksesan Obama di online seharusnya mereka tahu bahwa keberhasilan Obama yang terbesar dari kampanye online adalah bukan karena Obama bersama tim bisa memanfaatkan facebook dengan maksimal dan mendapatkan pendukung yang cukup banyak di facebook. Keberhasilan kampanye Obama di online adalah kejelian seorang Chris Huges mendapatkan insight dari pemilih Amerika dan mendekati mereka dengan solusi aplikasi servis di Internet berdasarkan insight tersebut (tentu aplikasinya web 2.0). Termasuk di dalam strategi ini adalah cara memanfaatkan facebook. Dalam masa kampanye konfensi Partai Demokrat (bukan partainya SBY ya :D) ketika di suatu daerah pemilihan Obama kalah tipis dari Hillary, dengan kejeliannya Huges dapat memanfaatkan facebook disana secara lokal (FYI data demografi facebook untuk Amerika sudah di klasifikasikan berdasarkan negara bagian).

Diantara aplikasi-aplikasi yang dipakai dalam kampanye Obama: facebook, youtube, dan yang lain, ternyata situs  obama.com dan myobama.com (mybo) yang mengambil peranan besar dalam mengumpulkan pendukung untuk Obama.  Dalam situs obama.com orang dapat mengikuti semua perkembangan kampanye obama, sedangkan di mybo terdapat aplikasi dimana seseorang dapat mengetahui siapa saja pendukung Obama blok sekitarnya  sehingga dia dapat menggalang dukungan dari sesama pendukung dan mengorganisasi pendukung tersebut di wilayah sekitar untuk melakukan kampanye offline memperluas dukungan baik dukungan suara maupun donasi untuk dana kampanye. (ini mirip cara PKS berkampanye dengan sistem door to door)

Disamping pemanfaatan aplikasi web tersebut, keberhasilan Obama tidak lepas dari pencitraan diri Obama sendiri, Obama adalah cerminan generasi sekarang yang ada di Amerika, mereka sebagian besar berasal dari multiras dan orang-orang yang tidak terlalu senang dengan kemapanan.  Obama sangat paham dengan itu sehingga dari setiap kampanye yang dimunculkan Obama adalah seorang yang berasal dari multiras, bukanlah orang yang sempurna (seperti lagu SBY hahahaha) dan sempat mempunyai masa-masa nakal di kehidupan yang dijalaninya. Dengan seperti itu calon pemilih aakhirnya merasa Obama lebih dekat dengan mereka dibanding dengan Hillary yang sangat memperlihatkan bahwa dia adalah orang yang sempurna.  Tapi catatan ya, itu bukanlah sebuah pencitraan yang dibuat, tapi memang karakter Obama yang sebenarnya, beda mungkin dengan yang ada di Indonesia sekarang kebanyakan adalah pencitraan diri sebagai orang yang santun, intelek dan hal-hal lain yang disukai oleh rakyat Indonesia kebanyakan (tapi ga tau dibelakangnya kaya gimana ya :P).

Sedikit penutup dari saya, bagi calon-calon presiden dan tim sukses yang berada di belakangnya(soalnya sudah telat utk caleg) ketika anda memang melihat internet adalah salah satu potensi besar dalam memperoleh kemenangan anda benar-benar harus memahami behavior dari target anda di online dan apapun yang dikeluarkan dalam bentuk solusi aplikasi harus didasarkan atas insight dari target pasar anda (ini memang saran klise, tapi sangat banyak dari solusi aplikasi yang dikeluarkan hanya ikut-ikutan latah dari yang ada tanpa memahami user online behavior).  Selamat bertarung, semoga menang, dan anda bisa membawa perubahan sebenar-benarnya bagi Indoenesia bukan selogan-selogan bagus selama kampanye dan bukan pula sebuah kepalsuan tentang keberhasilan (bungkus saja yang menarik ternyata di dalamnya hancur.. tapi kayanya ini benar-benar memahami insight dari rakyat Indonesia). Bagi anda yang memilih gunakan hak pilih anda dengan benar, dengan rasional, karena 5 menit anda di kotak suara bisa berakibat 5 tahun anda merana.

Author: kafey

mencoba untuk tetap lebih baik setiap hari, every day with the best performance

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s