Kafey's Cafe

cafe online–tersedia menu maya

Facebook for Indonesia ’09

4 Comments

Tulisan ini terinspirasi dari semakin banyaknya fitur-fitur facebook yang digunakan untuk kepentingan politik khususnya Pemilu Indonesia yang akan berlangsung tahun 2009. Saya tidak tahu pasti, apakah penggunaan facebook untuk kepentingan kampanye sudah dianalisis cukup dalam oleh politikus dan tim kampanyenya atau hanya latah dengan kesuksesan Obama dalam memaksimalkan facebook seperti yang ditulis Nukman Luthfie di sini

Paling tidak dari teman-teman facebook yang saya punya ada dua orang politikus yang mempunyai akun facebook paling rajin mengupdate status  dan fasilitas notes di facebook. Selain itu ada beberapa calon presiden yang memanfaatkan fasilitas pages facebook  sebagai alat kampanye dan personal branding. Diantara beberapa calon presiden tersebut (Megawati, Wiranto, Probowo, Hidayat Nur Wahid, dll), page Prabowo lah yang paling serius digarap (setidaknya dilihat dari jumlah supporter dan aktifitas di dalamnya).  

Pertanyaan besarnya seberapa efektifkan facebook bisa dimanfaatkan untuk kepentingan kampanye para politisi dan calon presiden?. Kalau dilihat dari jumlah pengguna facebook yang berada di network Indonesia menurut saya belum akan terlalu berpengaruh kepada perolehan suara mereka. Tapi ini adalah modal buat mereka untuk mempengaruhi calon pemilih rasional dan terpelajar yang bergabung di jaringan facebook. Tapi masih dibutuhkan sebuah strategi yang cukup matang dan tepat untuk menghasilkan manfaat tersebut. Yang jelas yang harus diperhatikan adalah user behaviour dari aplikasi ini.

Author: kafey

mencoba untuk tetap lebih baik setiap hari, every day with the best performance

4 thoughts on “Facebook for Indonesia ’09

  1. Hehe, pernah bahas politik juga. Saya rasa masih kurang efisien untuk dunia politik. Jumlah pemakai masih belum jelas dan kurang memikat.

  2. sepakat untuk saat ini belum signifikan, tapi kita lihat beberapa waktu ke depan, paling ga 2014,..

  3. Good trial..memanfaatkan facebook untuk kampanye. Amerika pun tidak langsung berhasil pada kali pertama, setahu saya Obama juga bukan capres AS pertama yang memanfaatkan kampanye di internet. Hehe maap kalau salah…bukan pengingat yang baik. Yah buat para politisi, teruslah mencoba…setidaknya untuk Jatim sendiri pengguna internet tumbuh hingga 2-3 kali sepanjang 2008 kemarin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s