Kafey's Cafe

cafe online–tersedia menu maya

Facebook untuk Promosi Online

1 Comment

Fenomena facebook semakin lama semakin menjadi perbincangan aja. Mulai dari e-lifestyle di Metro TV yang menghadirkan Nukman Luthfie dan Satrya Witoelar sampai ke terakhir dibahas di TV One dengan Ferry Mursyidan Baldan (anggota DPR RI), Enda Nasution( blogger) dan satu lagi artis saya lupa namanya.

Dari beberapa pembahasan itu facebook dan semua aplikasinya dikatakan lebih cocok untuk personal branding seseorang dan media untuk saling berjejaring di antara penggunanya. Tapi benarkan manfaat facebook hanya sebatas itu?

Saya mau melihat dari sudut pandang lain, facebook bisa juga dimanfaatkan lebih jauh untuk berpromosi khususnya untuk menciptakan brand awarness dari costumer terhadap suatu produk, paling tidak sekarang mempunyai potensi. Tentu saja yang dimanfaatkan dalam hal ini adalah karakter facebook sebagai platform yang memberikan kesempatan kepada developer pihak ketiga untuk membuat aplikasi di atas facebook, selain juga aplikasi groups, dan pages bisa dimanfaatkan juga untuk brand awarness sebuah produk. Tapi ini menurut saya ya, membuat aplikasi akan lebih efektif dari pada hanya membuat sebuah pages atau groups, karena dengan membuat aplikasi maka seorang calon costumer bisa kita ajak untuk lebih memahami produk yang kita tawarkan (menawarkan brand eksperien).

Untuk menghasilkan sebuah campaign yang menarik di aplikasi facebook maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi diantaranya:

1. Harus bersifat sosial–> eksperien harus melibatkan banyak teman (add friends)

2. Harus menyenangkan tapi tetap memperhatikan kebutuhan orang-orang

3. harus sesimple mungkin, orang-orang tidak kesulitan ketika sudah masuk ke dalam aplikasi dan langsung tahu harus berbuat apa

4. Harus membuat seseorang untuk kembali lagi mempergunakan aplikasi tersebut berkali-berkali. Kalau bisa setiap mereka masuk ke facebook yang utama dicari salah satunya adalah aplikasi yang kita sediakan.

5. Aplikasi membuat seseorang secara sukarela untuk menjadi evangelist, tanpa merasa dimanfaatkan untuk mengiklankan sesuatu brand.

Dari lima hal diatas paling kurang bisa menjadi basic untuk bisa menciptakan sebuah aplikasi yang digunakan sebagai alat promosi produk anda. Jika aplikasi bagus maka efek viral akan bisa berjalan dengan sangat masif, pernah bermain Herroes, pirates, atau aplikasi Kidnapp di  facebook. Bukankan kita senang bermain dengan aplikasi-aplikasi tersebut?

Buat yang ingin mencoba silakan mainkan kreatifitas anda, karena yang dibutuhkan adalah kreatifitas tersebut.

    Author: kafey

    mencoba untuk tetap lebih baik setiap hari, every day with the best performance

    One thought on “Facebook untuk Promosi Online

    1. saya juga nonton waktu Nukman Luthfie dan Satrya Witoelar di Metro, emang promosi lewat facebook adalah salah satu media promosi paling tepat dan berkualitas, kalo menurut saya lebih baik dari pada lewat periklanan yang lain.. karena lebih tertarget..

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s