Kafey's Cafe

cafe online–tersedia menu maya

Iklan PKS (Soeharto):Harus Berhati-Hati dengan Sebuah Pesan

1 Comment

Setelah Iklan PKS versi sumpah pemuda menjadi kontroversi, sekarang iklan versi Hari Pahlawan pun ikut menimbulkan pro dan kontra, baik di kalangan internal PKS maupun masyarakat luas. Iklan ini mengangkat Soeharto beserta tujuh tokoh lainnya (Soekarno, Hasyim Ash’ari, M. Natsir, M.Hatta, KH Ahmad Dahlan,Jendral Soedirman, dan Bung Tomo) sebagai guru bangsa.

Setelah menuai kritik selama lebih kurang sehari, akhirnya keluar sebuah penjelasan dari Presiden PKS Tifatul Sembiring, bisa dibaca di sini. Menurut Tifatul, telah terjadi distorsi antara pesan yang sebenarnya ingin disampaikan (konsep awal) dengan hasil eksekusi iklan tersebut.

Berbahaya bukan?  Akan sangat jauh sekali perbedaannya jika konsep awal yang diinginkan adalah Soekarno dan Soeharto sebagai presiden telah memberikan apa yang mereka punya, dan ketiga tokoh yang lain (M.Hatta, Jendral Soedirman, Bung Tomo)sebagai Pahlawan, KH Hasyim Ash’ari,KH Ahmad Dahlan, Muhammad Natsir sebagai guru bangsa dengan yang ada di iklan di atas. Kalau eksekusi iklan sesuai dengan konsep di awal maka saya yakin tidak akan menjadi kontroversial, karena semua orang bisa menerima hal tersebut secara logis.

Hal inilah yang harus sangat diperhatikan dalam menyampaikan pesan kepada target pesan tersebut. Diperlukan sebuah konsep kreatif yang tepat sehingga kesan yang ingin terbentuk tepat sasaran. Salah-salah strategi yang terjadi malahan kerugian buat yang menyampaikan iklan. Apalagi di dunia web 2.0 sekarang ini, dengan gampangnya orang bisa langsung mengkritisi sebuah pesan. Dengan gampang pula image tentang sebuah brand bisa terbentuk, image baikkah atau image buruk.

Author: kafey

mencoba untuk tetap lebih baik setiap hari, every day with the best performance

One thought on “Iklan PKS (Soeharto):Harus Berhati-Hati dengan Sebuah Pesan

  1. memang harus hati2 oi sama dunia multimedia sekarang ini ya..
    soalnya informasinya mudah sekali untuk menyebarnya, jadi kalau salah dalam menyampaikan informasi bisa kacau..hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s