Kafey's Cafe

cafe online–tersedia menu maya

Prospek Pasar bagi Marketing Online

Leave a comment

Hampir seminggu tidak menulis, selain menunggu komen jawaban pada postingan sebelumnya, rasa malas juga ternyata menghinggapi (katanya inilah penyakit yang paling berbahaya).

Postingan kali ini berkaitan dengan komentar ini dan postingan sebelumnya tentang barang yang paling dicari di internet. Setelah membaca komentar dari ivan@NavinoT, saya tertarik untuk mencari tahu barang-barang apa sajakan sebenarnya yang cukup mempunyai prospek ketika di promosikan lewat media internet. Ketertarikan ini dilanjutkan dengan menampilkan status di YM, plurk dan facebook. Walaupun tidak mendapatkan respon yang banyak dari teman-teman tapi dari jawaban beberapa orang tersebut cukup untuk memberikan gambaran barang-barang yang memang dicari orang lewat internet.

Dengan jumlah pemakai internet kira-kira lebih dari 25 juta orang (10 % penduduk Indonesia), ternyata barang-barang yang dicari di internet ternyata tidak jauh-jauh dari barang-barang elektronik dan pendukungnya, buku, pakaian, info perjalanan dan tempat wisata.  Dan untuk Indonesia internet sebagian besar masih dipakai untuk dijadikan referensi, masih sebagian kecil yang sudah melakukan transaksi online lewat internet.

Muncul dua pertanyaan dari hasil yang saya dapat di atas, apakah memang yang mempunyai prospek cukup bagus untuk promosi di internet hanya produk tertentu seperti yang disebutkan di atas, atau untuk skup Indonesia cuma produk itu saja yang baru mencoba berpromosi melalui media internet sehingga user pun tidak menemukan cukup referensi untuk barang-barang lainnya. Tapi kalau saya pribadi lebih condong kepada asumsi kedua, hal ini didasari oleh beberapa orang teman yang saya tanya, mereka akan mencari referensi di internet sebelum mereka membeli untuk semua barang yang mereka inginkan. Jadi memang tidak menutup kemungkinan produk-produk lainnya pun mempunyai peluang cukup besar untuk mendapatkan keuntungan dengan memanfaatkan internet. Toh orang-orang yang memakai internet kebutuhan mereka tidak jauh beda dengan masyarakat umum..

Jadi kefikiran lagi, sebenarnya bukan masalah di jenis produknya, tapi lebih tepat mengetahui behaviour pengguna internet Indonesia sehingga produk apapun bisa berpromosi di internet. Yang jelas kalau untuk kampanye presiden atau atau legeslatif tidak terlalu berpengaruh.

Author: kafey

mencoba untuk tetap lebih baik setiap hari, every day with the best performance

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s