Kafey's Cafe

cafe online–tersedia menu maya

Krisis Ekonomi Amerika, Kabar Baik Buat Media Online????

4 Comments

Pagi ini saya membaca berita di harian Pikiran Rakyat tentang lampu kuning untuk bisnis percetakan. Krisis ekonomi glabal (sebenarnya krisis ekonomi Amerika) yang berdampak anjloknya nilai Rupiah membuat harga-harga bahan baku seperti kertas dan tinta ikut naik karena bahan-bahan tersebut didimpor dari luar negeri. Selain itu juga berubahnya pola penjualan oleh suplier. Sebelumnya pembayaran kepada suplier bisa mundur selama sebulan, sekarang para suplier bahan baku meminta bayaran dimuka.

Apakah fenomena ini akan ikut berdampak kepada dunia periklanan? Bisa saja terjadi, khususnya untuk perusahaan-perusahaan yang selama ini banyak melakukan promosi lewat media cetak seperti poster dan sejenis akan memikirkan kembali dampak kenaikan harga ini kepada biaya promosi mereka. Pasti mau tidak mau bisnis percetakan akan manaikkan harga dan ini akan berimbas kepada biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk memporomosikan produk mereka. Mungkin untuk perusahaan-perusahaan besar tidak akan terlalu berpengaruh, karena selama ini mereka juga memilih TVC untuk media promosi mereka, tapi untuk perusahaan-perusahaan kecil menengah, atau yang sedang berkembang ini akan menjadi masalah yang cukup besar.

Kondisi ini adalah sebuah peluang bagi binis media online. Perusahaan akan mencari alternatif lain untuk mempromosikan produk mereka. Dan salah satu media yang akan dilirik adalah internet, karena selain promosi di internet lebih hemat, promosi yang dijalankan juga lebih tepat sasaran. Tapi ada permasalahan besar untuk Indonesia, ternyata tidak sesederhana itu. Walaupun penetrasi internet sudah cukup besar di Indonesia lebih dari 25 juta pengguna (data APJII), tidak banyak perusahaan khususnya manajer marketing melihat internet sebagai media yang efektif. Sebuah tantangan bagi pelaku bisnis online untuk mengkampanyekan pemakaian internet sebagai media promosi.

Author: kafey

mencoba untuk tetap lebih baik setiap hari, every day with the best performance

4 thoughts on “Krisis Ekonomi Amerika, Kabar Baik Buat Media Online????

  1. Yay! Media Online …

    25 Juta memang belum significant, mungkin hanya menarik bagi produk2 tertentu saja.

  2. @ivan @NavinoT boleh di sharing disini kira-kira produk tertentu itu apa saja?

  3. Produk tertentu itu ya produk yang kosumennya udah online.

    Misalnya pengguna internet di Jakarta, Surabaya, atau Kota gede lainnya pasti sudah banyak dan penggunanya tentu sudah awam dengan teknologi. Jual apa? Komputer, elektronik, gadget dsb.

    Intinya dari pengguna yang sedikit itu tadi, kudu dipelajari mereka pembeli macam apa, dan bisnis apa yg bisa dipasarkan ke org2 seperti ini.

  4. Pingback: Prospek Pasar bagi Marketing Online « Kafey’s Cafe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s