Kafey's Cafe

cafe online–tersedia menu maya

Iklan Politik RM ’09

1 Comment

Kalau tulisan ini dan ini lebih menyoroti bahwa beberapa iklan politik online Indonesia hanya sekedar menjimplak iklan politik Obama tanpa ada sebuah strategi marketing yang tepat, tulisan kali ini lebih melihat simbol-simbol yang dipakai apakah memang kesehariannya atau cuma kemasan di media.

Saya lebih memfokuskan kepada iklan politik Rizal Malarangeng yang berjudul RM’09 Save our nation. Simbol-simbol yang dipakai disini adalah sebuah napak tilas ke tempat-tempat bersejarah dimana para pemimpin dan pendiri bangsa ini pernah berjuang. Beberapa yang dipakai adalah tempat pembuangan Bung Karno, Bung Hatta dan Dr Cipto Mangunkusumo. Dan ada beberapa kata-kata dari Bung Karno pun dicatut dalam iklan TVCnya yang kemudian dijadikan content Youtube.

Tapi apakah benar pemikirannya sesuai dengan apa kesan yang terbentuk dari iklan yang tayang tersebut?

Menurut saya sangat jauh sekali, kenapa begitu? Ini sedikit menyerempet ke wilayah politik dan rada tendensius juga, tapi tidak masalah toh ini blog saya dan ini pendapat saya tentang RM. Dari beberapa fakta yang ada kita tahu bahwa RM dengan Freedom Institutenya tahun 2005 pada saat kenaikan BBM pertama adalah salah satu pendukung berat kebijakan tersebut (kalau tidak salah iklan satu halaman di Koran Tempo). Kemudian pada kenaikan BBM terakhir 2008 ini, RM juga pendukung penuh kebijakan pemerintah dengan membuat iklan Save Our Nation yang isinya cuplikan diskusinya dengan sang kakak AA Malarangeng, Ical, Meri Elka Pangestu. Dari fakta ini saya sebenarnya ide dan pola fikir RM sangat jauh berbeda sekali dengan simbol-simbol yang dia pakai dalam iklan tersebut. Bung Karno jelas tidak setuju dengan paham kapitalisme apalagi neoliberal (bagi yang belum tahu, RM ini condong kepada paham neoliberal dimana semunya di serahkan kepada mekanisme pasar), Bung Hatta apalagi, pasal 33 UUD 1945 sudah jelas buah pemikiran Bung Hatta.

Tulisan ini sebenarnya sudah lama saya ingin buat, tapi baru sekarang saja terealisasi. Ingin memberikan sudut pandang lain saja karena beberapa teman-teman saya yang cukup intelek ternyata ada juga yang ter “tipu” dengan iklan ini. Apalagi ada pembelaan dari salah seorang pakar marketing politik Syaiful Mujani bahwa apa yang ada di iklan tersebut adalah RM sebenarnya (mungkin untuk iklan dekat dengan anak-anak iya kali ye..tapi untuk pemikiran jauh banget).

Nah sudah ada dua sudut pandang ni tentang iklan politik di Indonesia, pertama dari dua blog yang saya link di atas bahwa mereka sekedar menjimplak iklan Obama tapi tidak mengenal costumer behavior, yang kedua mereka sekedar minjimplak tapi tidak melihat bahwa konten iklan yang ditampilkan oleh Obama benar-benar adalah pola fikir dia dan itulah Obama sebenarnya.

Ps: Kata teman dari video ITB partai politik sudah minta dibikinin iklan-iklan yang akan di pasang di Youtube dan media online lainnya. Peluang pasar ni, pingin seriusin di model-model podcast baik audi saja maupun audio video

Author: kafey

mencoba untuk tetap lebih baik setiap hari, every day with the best performance

One thought on “Iklan Politik RM ’09

  1. Begitulah dunia politik, yang ada hanya kepentingan..Mari kita lihat sejauh mana kemampuan mereka di debat capres 2009 yang kata web republik-kita.com akan di selenggarakan tanggal 1 november 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s