Kafey's Cafe

cafe online–tersedia menu maya

Spiral Marketing

3 Comments

Saya yakin semuanya pasti tahu apa itu spiral (bukan alat kontrasepsi ya), kalau mau definisi ala matematika (ingat kuliah aljabar ni hehe) suatu bentuk perulangan dari lingkaran sedemikian sehingga perulangan tersebut membentuk lingkaran baru yang semakin banyak sampai tak terhingga banyaknya (sederhananya ya kaya per/pegas)<<pasti bingung dengan definisi itu, yang jagoan matematika dah benar belum dari sisi bahasa matematikanya hahahaha.

Nah sekarang apa hubungannya antara spiral dengan marketing? pasti ada yang bertanya seperti itu (klaim). Dalam dunia marketing ada konsep baru yang disebut spiral marketing, model spiral marketing ini telah membunuh (terlalu kasar..ya udah sebagai anti tesis) model marketing funnel sejak berkembangnya web sedemikian rupa dengan segala bentuk aplikasinya (era web 2.0).

Lihat gambar dibawah ini

Inilah yang terjadi sekarang di dunia, seseorang yang telah mencoba suatu produk dengan kemudahan menyebarkan informasi di era web 2.0 akan selalu membuat spiral-spiral baru sehingga apapun yang mereka rasakan ketika mencoba sebuah produk tidak ada yang akan menghalangi mereka untuk menyebarkannya kepada komunitas yang masuk ke jaring sosial mereka (sangat efektif bukan).

Ketika seorang pembeli merasakan suatu efek yang baik dari produk yang iya pakai maka dia akan menjadi seorang evangelist , dan dengan sukarela tanpa dibayar dia akan mennyebarkan kelebihan suatu produk itu kepada teman-temannya (terbentuksuatu spiral). Kemudian dari salah teman-temannya ini pasti ada yang tertarik untuk mencoba produk tersebut kemudian efek baik yang dia rasakan akan disebarkan lagi ke teman-teman yang ada di jaringan sosialnya( terbentuk spiral baru), fenomena ini akan berulang terus membentuk spiral-spiral lainnya.

Fenomena ini harus segera diperhatikan oleh seorang brand manager atau marketing manager karena kalau tidak hati-hati menyikapinya dengan sebuah strategi yang jitu maka spiral marketing ini akan membawa efek buruk terhadap penjualan suatu produk jika ternyata ekseprien pertama dari pemakai produk jelek maka efek spiral yang akan menyebar juga jelek.

Oleh karena itu wahai para brand manager dan marketing manager segeralah bangun hahahaha

Author: kafey

mencoba untuk tetap lebih baik setiap hari, every day with the best performance

3 thoughts on “Spiral Marketing

  1. Berapa lama suatu cafe akan ramai pengunjung kalau menggunakan marketing spiral?apa aja yang harus dilakukan biar cafeny nya cepat maju

  2. @ rendi_tirus kalau masalah waktu, itu tergantung dengan target yang akan kita capai seperti apa?nah dari target (objektif) ini kemudian diturunkan ke strategi yang tepat sesuai dengan costumer behavior selanjutnya diputuskan metode campaign yang tepat.
    mungkin salah satu postingan saya terakhir tentang polling presiden ala penikmat kopi bisa dijadikan inspirasi.

  3. @ rendi_tirus kalau masalah waktu, itu tergantung dengan target yang akan kita capai seperti apa?nah dari target (objektif) ini kemudian diturunkan ke strategi yang tepat sesuai dengan costumer behavior selanjutnya diputuskan metode campaign yang tepat.
    mungkin salah satu postingan saya terakhir tentang polling presiden ala penikmat kopi bisa dijadikan inspirasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s