Kafey's Cafe

cafe online–tersedia menu maya

Kekuatan Viral di Internet, “Melamar Lewat Google Earth”

2 Comments

“Proposal 2.0: Marry me Leslie!”. Bunyi tulisan yang dipegang oleh Michael Weiss-Malik seorang teknisi software google untuk melamar calon istrinya. Tapi untuk menyampaikan lamaran ini tidak dilakukan dengan cara biasa dan media tradisional seperti mengirimkan foto, video, atau membuat selebaran. Cara yang diakukan benar-benar creatif, dengan memakai Google Earth dan di sebar melewati suatu situs.

Ceritanya diawali ketika mobil Google Street View melewati kantornya untuk mendapatkan update gamabr Silicon Valley, setiap karyawan Google disuruh berpose sesuai dengan keinginan mereka. Kesempatan ini dimanfaatkan Malik untuk memegang papan tulisan lamaran tersebut dan foto ini akhirnya bisa diakses di Google Earth. Ternyata setelah itu Malik tidak langsung memberitahu kekasihnya Leslie, ia kemudian membuat situs www.marrymeleslie.com dan meminta para pengunjung situs memberitahu Leslie soal propasal 2.0 ini.

Tidak berapa lama mulailah viral berjalan, setiap pengunjung yang terkesan dengan ide ini secara sukarela mengirim email kepada Leslie untuk mau menikahi Malik. Tentu saja Leslie bertanya-tanya kenapa banyak email asing yang sampai kepadanya, akhirnya rasa penasaran itu tentu saja membuat Leslie untuk melihat Google Earth.

Kasus unik ini sebenarnya adalah merupakan penerapan strategi marketing di internet, dengan memulai memikirkan ide kreatif yang tepat digunakan di media internet kemudian melakukan campaign untuk bisa menghasilkan viral dan evangelist sehingga pesan bisa sampai ke target yang diinginkan.

Dengan semakin banyak aplikasi di internet semakin luas kreatifitas yang bisa dilakukan untuk menyampaikan pesan secara interaktif. Aplikasi-aplikasi yang ada pun tidak hanya bisa digunakan untuk hal-hal yang sifatnya pribadi seperti kasus diatas, malah bisa digunakan untuk memasarkan suatu produk kepada target market tertentu.

Ada yang ingin mencoba untuk melamar kekasihnya dengan cara seperti ini?

Jadi kepikiran untuk mengeluarkan proposal 3.0 hehehehe (pake second live)

Author: kafey

mencoba untuk tetap lebih baik setiap hari, every day with the best performance

2 thoughts on “Kekuatan Viral di Internet, “Melamar Lewat Google Earth”

  1. Viral itu gampang2 susah, lebih memanfaatkan psychology deh. Ngakali orang agar mau sebarin berita🙂

    Dan ini merupakan nilai tambah emarketing, kalo marketing biasa ya paling cuman word of mouth.

  2. Kisah yang inspiratif… gw forward ke milis ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s