Kafey's Cafe

cafe online–tersedia menu maya

Kompas.com Mulai Jorok

5 Comments

Benarkah kesuksesan kompas.com mengalahkan detik.com dalam hal pageview bisa berlanjut dengan kesuksesan kompas.com mengalahkan detik.com secara keseluruhan?. Pertanyaan ini hanya akan bisa dibuktikan seiring dengan berjalannya waktu.

Semakin hari sebenarnya sudah semakin terlihat tanda-tanda atas jawaban tersebut. Antisipasi detik.com dengan merubah tampilannya menjadi lebih rapi dan menarik, tampaknya tidak akan melanjutkan kesuksesan pertama dari kompas.com. Dengan tampilan yang baru ini -setelah sebelumnya detik.com lebih tepat sebagai situs iklan dari pada situs berita- pelanggan detik.com yang selama ini sudah mulai terganggu oleh banner-banner iklan akan mendapatkan kembali kenyamanan dalam mengakses berita.

Tidak begitu ternyata kejadiannya dengan kompas.com. Muncul dengan format baru web 2.0, tampilan yang cukup elegan dan user friendly dan yang paling penting (buat saya) iklan yang tidak menggangu, ternyata tidak bisa dipertahankan dalam waktu lama. Beberapa waktu kebelakang sebenarnya masih cukup bisa ditolerir tampilan-tampilan iklannya masih cukup rapi, tapi ketika pagi ini saya coba mengakses kompas.com yang saya dapati ketika pertama kali yang muncul justru sebuah iklan banner flash Citilink Garuda Indonesia berwarna unggu dalam ukuran cukup besar menutupi indeks berita. Tidak tahu apa yang terjadi apakah kesuksesan pertama yang diraih mengalahkan detik.com kemudian membuat kompas.com kebanjiran pemasangan iklan sampai permintaan iklan Garuda seperti itu juga dipenuhi dengan mengorbankan kenyamanan dari pengkases situs ini. Yang jelas menurut saya ketika kejadian ini terus berlangsung maka cita-cita untuk bisa menjadi situs berita nomor wahid di Indonesia tidak akan bisa terwujud.

Seharusnya untuk masalah periklanan kompas.com ataupun media-media online lainnya belajar kepada kesuksesan google dengan idealisme mereka iklan tidak boleh menggangu pengguna google. Dengan idealisme ini mereka kemudian menciptakan konsep Adsense yang sampai sekarang tidak pernah menganggu para pelanggan setia google. Begitupun dengan facebook.com, iklan di situs ini pun mereka konsep dengan bagus sehingga proporsional dengan tampilan web sehingga tidak menganggu untuk para pengguna.

Kembali ke kondisi kompas.com yang sudah mulai jorok, teringat dengan kasus di kota kelahiran saya Bukittinggi ada sebuah rumah makan yang awalnya sangat enak walaupun tempatnya sederhana sehingga orang mulai banyak yang datang kesana. Lama-kelamaan setelah pelanggannya banyak dan cukup terkenal, palayanan dan rasa mulai tidak diperhatikan, rasa yang sebelumnya enak mulai berkurang, pelayanan juga seperti itu mulai tidak ramah. Apa yang terjadi kemudian? tidak lama setelah itu pelanggan yang sudah mulai loyal kemudian pergi satu persatu dan ketika ada saingan yang lain dengan layanan dan rasa yang lebih enak rumah makan ini menjadi sepi dan kabarnya sekarang sudah bangkrut. Bagaimana dengan kompas.com????

Author: kafey

mencoba untuk tetap lebih baik setiap hari, every day with the best performance

5 thoughts on “Kompas.com Mulai Jorok

  1. Gw komen deh …..
    Iya tuh, mungkin karena harus ngejar pengeluaran publikasi dan launching yang besar-besaran

  2. Iya g setuju… apalagi yg bikin lebih kesel, itu iklan citilink gak ada benarnya… atau kalau mereka bilang harga mereka jamin seperti iklan hanya perhatikan ‘*’-nya.. itu mah sama saja menjebak.. alias tetap aja iklannya nggak benar.

    Nah kompas.com pun bisa kehilangan kredibilitasnya sebagai sumber berita yg dpt dipercaya.. karena iklan ‘welcome’ mereka ternyata gak bisa dipercaya.

  3. Kompas koq Web2.0 ?? Masih 1.0 tuh …

  4. @ivan
    udah web2.0 kok, coba aja liat fitur2 yang ada disana,yang paliang sederhana adalah ketika dia menyediakan form komentar. trus ada fitur sharing foto dan video.

    nah pertanyaannya kenapa mas ivan bisa bilang masih 1.0?

  5. Pingback: Baca detiksport Tidak Nyaman « Kafey’s Cafe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s